Sabtu, 18 April 2009

Cara-cara Menulis Opini

Cara-cara Menulis Opini

Oleh : Nasiful Haq

Tulisan opini adalah pendapat tentang suatu persoalan sosial dan juga solusi penyelesaian yang ditawarkan. Karena itu untuk menghasilkan tulisan opini, pertama-pertama yang harus kamu lakukan dengan mencari persoalan yang hendak dipakai dalam pembahasan. Kemudian jika persoalan yang hendak kamu bahas telah kamu temukan, maka mulailah menuangkan dalam tulisan.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Tulislah argumentasimu seputar latar belakang masalah, mengapa persoalan tersebut layak untuk disikapi. Karena itu kamu harus bisa mendetailkan problem tersebut.
2. Ungkapkan akar masalah dari persoalan tersebut, mengapa terjadi dan menggejala. Apakah faktor natural atau ada pihak-pihak penyebab
3. Lakukanlah analisis pada persoalan tersebut
4. Kemudian buatlah solusi yang kamu tawarkan, berikan juga argumentasi solusi yang kamu tawarkan seakurat dan seefektif apa solusi yang kamu berikan.
5. Buatlah kalimat penutup dengan ungkapan yang menggelitik hingga pembaca menjadi berkesan dengan tulisanmu.

Itulah sedikit cara menulis opini yang bisa saya sampaikan kepada kamu, mudah-mudahan bisa bermanfaat kepada kamu khususnya kepada penulis. SELAMAT MENCOBA.

(nasifulhaq@gmail.com atau nasifulhaq.blogspot.com Mhs. Unesa Peserta Mentor FM Plus www.mentorplus.multiply.com )

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wow, singkat padat jelas.

langsung bozz

Obat Mata Herbal mengatakan...

blog ini mmiliki desain yang sangat menarik dan isi yang begitu inovatif. semoga banyak orang yang berkunjung ke blog ini.

Posting Komentar